Rangkuman Jurnal

Judul Jurnal   : INDENTIFIKASI PERILAKU DAN KARAKTERISTIK AWAL SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA SEKOLAH DASAR FULL DAY SCHOOL
Volume           : Vol. VIII, No.2
Tahun              : 2018
Penulis            : Gunawan
Reviewer         : MHD. ZACKY BANGUN
Tanggal           : 18 Oktober 2019

Dalam pembelajaran,  banyak faktor yang menentukan hasil dan bagaimana proses pembelajaran tersebut. Masalah yang dihadapi biasanya menyangkut metode pembelajaran yang akan di lakukan.  Jurnal ini membahas tentang salah satu faktor penting,  yaitu perilaku dan karakteristik awal siswa dalam pembelajaran pada sekolah fullday.  Membicarakan hal itu,  tentu saja murid akan menjadi tertarik dengan pembelajaran  ketika diawali dengan materi atau pembelajaran yang menarik.  Hal ini menjadi kunci awal untuk melihat  baik tidaknya proses mengajar. 

   Kemampuan siswa yang ada dalam kelas sangat bervariasi. Sebagian siswa sudah banyak tahu, sebagian lagi belum tahu sama sekali tentang materi yang diajarkan di kelas. Bila pendidik mengikuti kelompok siswa yang pertama, kelompok yang kedua merasa ketinggalan pelajaran. Sebaliknya, bila pendidij mengikuti kelompok yang kedua, yaitu mulai dari bawah, kelompok pertama akan merasa tidak belajar apa-apa dan bosan. Untuk mengatasi hal ini, ada dua pendekatan yang dapat dipilih: 
1. Siswa menyesuaikan dengan materi pelajaran.
2. Materi pelajaran disesuaikan dengan siswa.
              Dalam menentukan sebuah sistem instruksional, terdapat tiga macam sumber yang dapat memberikan informasi kepada manager instruksional dalam menentukan prilaku awal siswa, yaitu: 
1. Siswa atau calon siswa.
2. Orang-orang yang mengetahui kemampuan siswa atau calon siswa dari dekat seperti pendidiknya terdahulu atau atasannya.
3. Pengelola program pendidikan yang biasa mengajarkan mata pelajaran tersebut.
Teknik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi perilaku awal siswa yaitu kuesioner, interview, observasi, dan tes.
             
Kesimpulan :
Mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik awal siswa merupakan salah satu faktor penting dalam model pengembangan instruksional. Mengidentifikasinya dengan mengemukakan pendekatan “menerima siswa apa adanya dan menyusun sistem instruksional atas dasar keadaan siswa/siswa tersebut”. Mengetahui perilaku yang diminati siswa sebelum mengikuti pelajaran sangat diperlukan untuk dapat mencapai tujuan instruksional. Dengan kata lain, penetapan tujuan instruksional tergantung pada perilaku dan karakteristik awal siswa.




GUNAWAN, Gunawan. INDENTIFIKASI PERILAKU DAN KARAKTERISTIK AWAL SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA SEKOLAH DASAR FULL DAY SCHOOL. NIZHAMIYAH, 2018, 8.2.

Komentar

Postingan Populer