PROSES PENCARIAN REFERENSI di PERPUSTAKAAN

Assalamu'alaikum. 

Setiap pelajar atau mahasiswa pasti memperlukan buku untuk referensi bacaan dalam pembelajaran. Ada kalanya buku/referensi yang di berikan sekolah tidak memuat semua materi secara jelas.  Atau saat kita ingin membuat makalah,  tentu dibutuhkan daftar bacaan dalam pembuatannya.  Nah pada blog kali ini,  saya akan memberikan cara mencari referensi. Langsung aja check it out! 
Biasanya, ada 2 cara dalam pencarian referensi atau buku. Yaitu secara online dan offline.  
Pencarian secara offline :

1. Bertanya kepada pengawas perpustakaan. 
Tentu saja ini adalah cara yang paling lazim bagi kita yang belum mengetahui tata letak daftar bacaan di perpustakaan. Ketika ingin mencari buku,  tentunya bertanya kepada pengawas perpustakaan akan lebih mudah untuk dilakukan. Namun, sulit bagi pengawas perpustakaan dapat menghafal semua buku yang ada diperpustakaan tersebut.

2. Mencari ke setiap lorong perpustakaan. 
Terkadang, ada saja pelajar atau mahasiswa yang malu untuk bertanya, ingin bertanya namun tidak tahu ingin bertanya kepada siapa,  dan mahasiswa yang telah menghafal semua tata letak referensi di perpustakaan (antara jenius dan gila).

Di beberapa perpustakaan,  sudah banyak yang menggunakan mesin pencari buku/referensi agar memudahkan calon peminjam buku menemukan buku yang mereka cari.  Namun,  agar tidak membuang-buang waktu,  Pengejar Tugas Pak Gunawan menyiapkan cara-cara yang umumnya digunakan di perpustakaan berbasis digital. Untuk contoh kali ini, kita akan mencari salah satu buku yang berada di Perpustakaan UIN SU.  Berikut ulasannya:
1. Buka digilib.uinsu.ac.id
2. Klik Opac pada Task Menu di bagian atas website.
3. Kemudian kamu akan sampai pada tampilan seperti diatas.
4. Silahkan input data tentang buku yang ingin kamu cari.
5. Jika kamu ingin memasukkan nama pengarang, subyek dan penerbit, silahkan klik Advance Research didalam lingkaran biru.
6. Maka akan keluar tampilan sebagai berikut.
7. Silahkan data sesuai buku yang kalian cari. (Pada kasus ini, saya ingin mencari buku Hukum Keluarga Islam di Indonesia karya Mardani)
8. Setelah selesai, klik SEARCH
9. Saat loading telah selesai, scroll kebawah. Apabila buku berkaitan yang kamu  cari ada di perpustakaan UINSU, maka akan keluar data seperti berikut.
10. Kebetulan buku berkaitan yang saya cari terdapat di perpustakaan UINSU. Silahkan bertanya kepada pengawas perpustakaan, dimana letak rak dengan kode yang ditandai dengan warna merah, mencari sendiri juga boleh. 

Itulah cara-cara yang dapat kalian gunakan dalam mencari referensi di perpustakaan. Semoga terbantu dengan blog saya.
Assalamu'alaikum :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer